Kwartir Ranting Toroh Grobogan Gelar Pesta Siaga 2024


 


 

Kwartir Ranting Toroh Grobogan Gelar Pesta Siaga 2024

Minggu, 28 April 2024

GROBOG JATENG, Grobogan - Kwartir Ranting Pramuka Toroh, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah menggelar Pesta Siaga tahun 2024 dengan Tema GESIT “(Gembira, Semangat, Inovatif, dan Terampil)”
di SMP Negeri 2 Toroh di Desa Depok, pada Minggu (28/4/2024) 


Pesta Siaga dibuka oleh Iptu Abdul Kadir. Peserta Pesta Siaga Kwartir Toroh Tahun 2024 ini berasal dari utusan Pangkalan SD / MI di wilayah Kecamatan Toroh, setidaknya tercatat sebanyak 32 barung putra dan 30 barung putri. 

Dalam sambutannya Iptu Abdul Kadir menyampaikan, bahwa Gerakan Pramuka sebagai bentuk pendidikan Non Formal di luar lingkungan keluarga dan sekolah.

"Ini merupakan wahana penting, menanamkan disiplin, keterampilan, kemandirian, sosial, kemanusian serta banyak nilai positif lain yang terangkum dalam satya dan darma pramuka," ujarnya.

Sementara, Ketua Kwartir Ranting Toroh  Kustomo menjelaskan, Pesta Siaga tahun 2024 diharapkan dapat menjadi wahana pertemuan besar Pramuka siaga dengan kegiatan menarik, menantang dan menggembirakan. 


Melalui kegiatan ini pula, diharapkan mampu membentuk pribadi Pramuka yang berkarakter mulia dan patuh pada orang tua, membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka siaga.


“Kita ingin mengembangkan sikap terbuka antar pramuka siaga dengan tambahan pengalaman, pengetahuan serta kecakapan. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan serta kesadaran berbangsa dan bernegara,” jelas Kustomo.

Adapun hasil kejuaraan pada Pesta Siaga tahun 2024 yaitu Barung Putra Juara I SDN 3 Kenteng Juara II SDN 1 Boloh Juara III SDN 1 plosoharjo Juara Harapan I SDN 1 Krangganharjo Juara Harapan II SDN 1 Depok Juara Harapan III SDN 1 Dimoro.

Sedang untuk Barung Putri Juara I SDN 4 Tunggak Juara II SDN 3 Genengadal Juara III SDN SDN 4 Boloh Juara Harapan I SDN 3 Plosoharjo Juara Harapan II SDN 1 Bandungharjo Juara Harapan III SDN 1 Katong Barung tergiat I putra dan putri akan berkancah di Pesta Siaga Cabang bulan Mei mendatang. (Red).