Ratusan Anggota Pramuka Siaga Penuhi SMK N 1 Purwodadi, Ada Apa?


 


 

Ratusan Anggota Pramuka Siaga Penuhi SMK N 1 Purwodadi, Ada Apa?

Sabtu, 04 Mei 2024

GROBOG JATENG, Grobogan- Ratusan anggota pramuka golongan siaga dan para yanda bunda (pembina pendamping) tumpah ruah mengikuti acara kegiatan pesta siaga yang digelar oleh Kwartir Ranting Purwodadi,  di SMK N 1 Purwodadi, pada Sabtu (4/4/ 2024).Hadir sebagai pembina upacara yakni Heri Kusniawati, istri dari Camat Purwodadi Tondi Sumarjaka. 

Pesta siaga kali ini bertemakan GESIT (Gembira, Semangat, Inovatif, Terampil), dimana pada kegiatan ini diikuti oleh pangkalan-pangkalan SD/MI di wilayah Kecamatan Purwodadi sebanyak 86 barung terdiri dari 54 barung putri dan 32 barung putra, masing-masing beranggotakan 8 (delapan) anak pramuka siaga. 


Dalam sambutannya Heri Kusniawati menyampaikan, melalui pesta siaga ini dapat memperluas pengetahuan, memperbanyak pengalaman dan keterampilan, serta menumbuhkan semangat juang pantang menyerah. 


Melalui Gerakan Pramuka inilah anak-anak ditempa agar mampu menjadi pribadi yang unggul , menjadi teladan di lingkungan sekitar, baik keluarga, sekolah, dan masyarakat luas. "Semoga melalui Pesta Siaga ini, peserta mampu mewujudkan prestasi dalam suasana persaudaraan, penuh kegembiraan guna meraih cita-cita yang mulia," ujarnya.



Pihaknya dalam kesempatan tersebut juga mengajak semua yang hadir, agar selalu menjaga kesehatan, baik kesehatan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Terutama menyikapi kasus kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Grobogan yang pada awal tahun 2024 sampai saat ini sudah mencapai 264 kasus.


"Anggota gerakan pramuka untuk turut aktif dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk ( 3M ) di lingkungan rumah dan tempat-tempat umum, mencegah gigitan nyamuk dengan memakai obat nyamuk semprot maupun oles dan memasang kasa nyamuk pada ventilasi, menghimbau sekolah untuk melakukan pemantauan jentik-jentik nyamuk. Dengan potensi anggota yang jumlahnya ratusan ini tentu akan mempercepat pengendalian penyakit DBD," harapnya.


Sedang, hasil kegiatan pesta siaga di Kwarran Purwodadi untuk  kategori Putra Barung Merah pangkalan SD N 4 Nambuhan sebagai tergiat I, barung Biru pangkalan SDN 2 Purwodadi tergiat 2 dan Barung Hijau Pangkalan SD N 4 Purwodadi tergiat 3. 


Sementara, untuk kategori Putri, Barung Merah Pangkalan SD N 1 Nambuhan tergiat I, barung merah pangkalan SD N 9 Purwodadi Tergiat 2 dan Barung Hijau pangkalan SD N 2 Pulorejo tergiat 3. Untuk barung tergiat 1 putra dan putri akan mewakili Kwarran Purwodadi di ajang pesta siaga Kwarcab Grobogan, 12 Mei 2024 yang akan datang. (Hari/AN/Red)