Berikan Layanan Prima, BPN Jateng Luncurkan Layanan RALALI di 35 Kantor Pertanahan


 


 

Berikan Layanan Prima, BPN Jateng Luncurkan Layanan RALALI di 35 Kantor Pertanahan

Senin, 02 Juni 2025


GROBOG JATENG, Grobogan - Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Tengah resmi meluncurkan inovasi layanan RALALI (Roya Layanan Lima Menit) secara serentak di 35 Kantor Pertanahan, termasuk Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan. Launching yang dilaksanakan secara daring tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah, Lampri, A.Ptnh, S.H., M.H. pada Senin (2/6/2025).

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan Siti Aisyah, S.P. menjelaskan, RALALI merupakan penyederhanaan layanan roya yang sebelumnya memiliki standar waktu 3 hari kerja, kini dipercepat menjadi hanya 5 menit. 

“Waktu tersebut dihitung setelah pemohon melakukan pembayaran SPS (Surat Pemberitahuan Setor) dan seluruh berkas dinyatakan lengkap. SPS sendiri adalah dokumen resmi yang diterbitkan sebagai dasar pembayaran biaya layanan ke kas negara,” ungkapnya. 

Dimana disampaikan bahwa Kantah Grobogan siap mendukung penuh pelaksanaan RALALI. Layanan ini ditujukan khusus kepada pemohon langsung tanpa kuasa, untuk memastikan proses lebih cepat, efisien, dan akuntabel.


“Melalui RALALI, kami berkomitmen menghadirkan layanan roya yang cepat, tepat, dan aman. Harapannya, masyarakat Grobogan bisa merasakan langsung dampak positif dari transformasi pelayanan ini,” ujarnya

Dengan hadirnya RALALI, Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan terus menunjukkan semangat perubahan dan pelayanan prima demi kemudahan akses layanan pertanahan bagi seluruh lapisan masyarakat. (Ida/AN/Red).